• mrt singapore
  • skypark
  • mrt singapore
  • marina bay
  • marina bay
  • sky park

Sabtu, 26 Maret 2011

jalan jalan ke singapore

hari ini rencana jalan jalan ke singapore.

hampir 11 tahun aku menetap di batam, macamnya tak lengkap kalau belum mengunjungi negara tetangga terdekat. macam mana ya, lucu lah klo tak kenal tetangganya sendiri, hehe.. destinasi kali ini adalah negara tetangga bukan tetangga pulau. padahal baru sebagian saja pulau-pulau yang pernah aku tahu dan masih banyak lagi pulau-pulau di sekitar batam ini yang belum aku kunjungi, tetapi...?  mungkin bolehlah lain kali.

jam 5 pagi sehabis subuh biasa aku harus berangkat ke pasar untuk membeli sayuran sebagai barang daganganku siang nanti, tp kali ini aku harus meluncur ke pelabuhan batam centre karena jam 6,10 wib. adalah keberangakatan kapal ferry ke singapore yang aku tumpangi nantinya, 10 menit dari rumah akhirnya sampai juga. setelah mengurus semua persyaratan dari mulai tiket, pasport, tak lupa juga sarapan aku beranjak naik kapal ferry. berfoto foto aku diatas kapal, maklum ini pengalamanku pertama kali jadi aku ingin mengabadikan semuanya. tak peduli orang tengok aku aneh ataupun lucu, karena bagi penduduk batam pergi ke singapore bukan suatu hal yang istimewa lagi, banyak dari sebagian penduduk batam yang menggantungkan hidupnya dengan bekerja di sana, ya meskipun dengan cara kucing kucingan dengan pemerintah singapore. ada yang jadi tukang masak, pasang dekor, bahkan tukang urut. mereka biasanya masuk dengan alasan berkunjung ke rumah saudara. memang betul sih, karena banyak orang batam yang tinggal di singapore begitu juga sebaliknya.

pada dasarnya indonesia dengan singapore adalah satu rumpun sehingga wajar kalau satu keluarga ada yang tinggal disini sedangkan sebagian lagi di sana. bahkan banyak orang singapore menikahi penduduk batam dan seminggu sekali mereka ke batam untuk menemui istrinya, entah apa alasan mereka menikah dengan orang batam, tp yang jelas alasan wni semata mata alasan ekonomi. mungkin juga alasan cinta itu ada tapi sungguh sangat sedikit sekali prosentasenya. aku rasa masyarakat batam sudah memahami hal ini dan aku tidak ada sedikitpun maksud untuk merendahkan warga indonesia, karena aku sendiri orang indonesia. dan aku bangga jadi orang indonesia, aku cinta indonesia.

banyak alasan di kehidupan kita begitu juga banyak pilihan, terserah mana yang kita pilih karena pilihan itu nanti yang akan menentukan untung ruginya, pilihan-pilihan itu juga yang akan mengantar kita kemana tujuan hidup ini akan di bawa. semoga kita bisa mengambil manfaat dari semua ini. dan insyaallah ditulisan mendatang akan aku ceritakan sedikit tentang kehidupan di singapore yang membuat indonesia itu beda.

0 komentar:

Posting Komentar